pemanasan sebelum melakukan lari pagi

Thursday, July 20th, 2017 - kesehatan

Sebelum melakukan segala sesuatu, alangkah baiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya otot tidak menjadi kaget dan lainnya. Walaupun kegiatan itu rutin kita lakukan setiap harinya, namun sebaiknya tetap melakukan pemanasan terlebih dahulu. Banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita melakukan pemanasan, seperti  :

Mencegah cedera otot, pemanasan  yang dilakukan secara benar, pasti akan menghindari tubuh mengalami cedera otot.

Mencegah penyakit jantung koroner, ketika kita berolahraga, aliran darah yang mengalir ke jantung akan membuat jantung bekerja lebih berat, oleh sebab itu, alangkah baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar jantung tidak kaget.

Tubuh menjadi lebih fleksibel dan membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal, Pemanasan akan membuat tubuh menjadi lebih lentur, dan menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat menyesuaikan keadaan.

 

Berikut gerakan-gerakan yang bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum berlari.

Berdiri menghadap dinding, kira-kira berjarak 60 cm, kedua tangan menempel dinding, posisi tangan selebar bahu. Condongkan badan agak ke depan, angkat paha kanan setinggi perut, dan lakukan bergantian dengan paha kiri, lakukan secara perlahan sebanyak 10 kali. setelah itu, tambah kecepatan sampai seolah-olah seperti berlari. Lakukan selama 5-10 menit.

Gerakan ini dapat membantu mengencangkan otot paha depan, dan meperbaiki sikap berlari kita.

Setelah kita berolahraga, lakukan gerakan pendinginan, supaya tubuh kembali menjadi rileks, seperti  :

berdiri dengan kaki lurus dan rapat,posisi tangan di samping, Tarik nafas, angkat tangan ke atas, hembuskan nafas pelan-pelan, turunkan tangan ke posisi awal. Lakukan  angkat tangan ke atas sambil menarik nafas, ulangi sebanyak 10 kali.

 

Terima kasih, dan semoga bermanfaat